Tips Simpel Menghadiri Acara Networking

Anda tentu sangat mengerti arti dari sebuah networking dan manfaat menghadiri acara networking tersebut. Networking adalah seni berkomunikasi untuk membangun hubungan dengan orang lain atau organisasi dengan tujuan mencapai kesuksesan baik dalah kehidupan personal maupun profesional. Bukan hanya pada pengusaha saja, networking juga dapat digunakan oleh para pekerja untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik pada saat mereka ingin mencari kerja lain nantinya.

Networking menjadi sebuah keharusan yang harus anda lakukan baik itu anda suka atau tidak untuk mendapatkan calon pelanggan yang baru atau sebuah hubungan baik dengan pengusaha lainnya. Banyak dari kita yang tidak suka dengan keramaian ataupun basa basi dengan orang lain, akan tetapi hal ini harus dilalui agar mendapatkan hasil yang maksimal pada usaha anda. Membawa peralatan ke acara bisnis sangat penting, apalagi jika anda bertemu dengan orang yang tepat. Artikel ini akan memberikan tips akan apa saja yang harus anda bawa pada saat melakukan kegiatan networking.

Hal yang Harus Dibawa Ke Acara Networking

Kartu nama

Tentu saja kartu nama harus langsung masuk ke tas Anda. Ambilah kartu nama anda lebih dari yang anda butuhkan, untuk memastikan anda tidak mencari secarik kertas untuk menulis nama di kertas dimana itu terlihat sangat tidak profesional dan menimbulkan kesan kurang persiapan.

Pulpen

Anda perlu membawa pena bersama anda untuk menggunakannya untuk membuat catatan penting di belakang kartu nama sehingga anda tahu mengapa anda ingin menghubungi orang itu nanti. Banyak dari kita yang sering melupakan benda penting ini pada saat datang ke acara yang formal, sungguh memalukan bukan jika kita meminjamnya dari calon pelanggan anda.

Permen

Permen sangat penting untuk dibawa pada saat anda sadar akan banyak berbicara dengan orang lain. Bawalah permen mint yang enak di kantong anda sehingga bau mulut anda tidak sampai pada lawan bicara. Jangan membawa permen karet karena anda akan terlihat sangat konyol mengunyah pada saat berbicara.  Permen dapat memberikan anda rasa percaya diri pada saat anda mempresentasikan perusahaan dan brand anda di hadapan calon pelanggan. Ini adalah hal sepele yang penting anda masukkan kedalam daftar bawaan pada saat anda datang ke acara networking.

Cara Bersikap dalam Acara Networking

Selain membawa peralatan untuk mendukung acara networking yang dihadiri, cara seseorang bersikap juga berpengaruh terhadap kesuksesan dalam membangun jaringan hubungan dengan orang lain. Beberapa hal yang harus diperhatikan tersebut antara lain adalah tidak sembarangan berbicara dan menentukan orang yang tepat untuk memulai pembicaraan.

Pikirkan sebelum berbicara

Sebelum memulai sebuah percakapan utama, anda harus memikirkan sebuah percakapan pendahulu untuk berbasa basi terlebih dahulu. Anda dapat berbicara tentang makanan, sesi presentasi yang baru saja lewat, atau perjalanan anda menuju acara tersebut, semua itu dilakukan supaya dengan tujuan agar bisa akrab dengan lawan bicara. Ketahuilah apa yang akan anda katakan kepada orang-orang sebelum anda berjalan, anda dapat mengomentari makanan, sesi pembicara yang baru saja anda dengarkan, atau perjalanan ke acara tersebut.

Siapa yang harus diajak bicara

Ada alasan mengapa anda menghadiri acara formal ini, apakah ingin membuat beberapa kontak baru untuk karir anda atau untuk melakukan kontak dengan beberapa calon pelanggan. Anda harus berjalan dan memulai komunikasi sebanyak-banyaknya pada saat acara itu. Jika lawan bicara bukanlah orang yang tepat, maka jangan menghabiskan waktu dan mulailah dengan yang lain.

Hal yang Tidak Perlu Dibawa Dalam Acara Networking

Setelah penjelasan tentang apa saja keperluan yang harus dibawa dan bagaimana harus bersikap didalam suatu acara networking, maka tentunya ada beberapa hal yang tidak boleh anda bawa yang dapat menyebabkan terganggunya kenyamanan selama berada di dalam acara tersebut.

Seorang Teman

Tentu akan menyenangkan jika ada seseorang di sana yang anda kenal. Tetapi ada kemungkinan besar anda hanya akan berbicara dengan mereka dan tidak memulai percakapan dengan yang lainnya. Jangan buang waktu dengan hal yang tidak berguna, ingatlah tujuan utama anda menghadiri acara networking tersebut.

Apapun yang Lebih Berat Dari Kartu Nama

Orang tidak ingin terbebani dengan majalah atau brosur di acara formal. Cukup berikan kartu nama yang dapat disimpan dengan mudah di saku calon pelanggan anda sehingga mereka bisa menghubungi anda di kemudian hari.

Acara networking adalah waktu yang penting bagi seseorang untuk dapat bergabung dengan krumunan profesional dan memulai perkenalan untuk bisnis, jadi manfaatkanlah peluang emas ini untuk membangun jaringan seluas mungkin.

Exit mobile version