Site icon TIPS PERCETAKAN

Tahukah Anda Apa Perbedaan Sertifikat dan Piagam?

Ilustrasi perbedaan sertifikat dan piagam

Pengertian piagam adalah sebuah media atau surat berisi tulisan pernyataan yang bersifat resmi sebagai pemberian atau penghargaan. Misalnya piagam dapat menjadi bukti tertulis atas partisipasi seseorang yang sudah mengikuti suatu kegiataan atau lomba. Lalu apa itu sertifikat? Apakah terdapat perbedaan antara sertifikat dan piagam? Simak penjelasan perbedaan sertifikat dan piagam berikut.

 

Perbedaan Sertifikat Dan Piagam

Sertifikat dan piagam sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Sering kedua dokumen tersebut disamakan, padahal sebernanya memiliki perbedaan. Untuk itu, kita perlu membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kita.

 

Berikut adalah pengertian sertifikat dan piagam menurut KBBI,

Sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian.

Sedangkan piagam adalah surat (tulisan pada batu, tembaga, dan sebagainya) resmi yang berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dan sebagainya atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tentang ikrar dan sebagainya). Lebih lanjut, KBBI juga mengartikan Piagam sebagai diploma atau ijazah.

Dari pengertian di atas kita bisa mengetahui hal mendasar tentang perbedaan sertifikat dan piagam. Keduanya adalah sama sebagai bukti pernyataan, tetapi sertifikat lebih ke Bukti kepemilikan atau keturutsertaan, sedangkan piagam lebih ke pemberian penghargaan. Inilah yang sering terjadi dimana orang sering salah menyebutkannya seperti sertifikat penghargaan, sedangkan yang benar adalah piagam penghargaan. Contoh penyebutan yang benar untuk sertifikat adalah sertifikat tanah, dan lainnya yang menyangkut tentang pengakuan tentang hak milik suatu benda.

 

Fungsi Piagam

Contohnya ketika seorang siswa SMA mengikuti lomba debat bahasa inggris dan memenangkan perlombaan. Lalu selain juara yang dia dapatkan, dia harus mendapatkan bukti tertulis berupa piagam atau sertifikat yang menyatakan bahwa dia sebagai pemenang.

 

Contoh Desain Piagam

Berikut adalah contoh desain piagam.

 

 

 

 

Membuat Piagam Dengan Microsoft Word

Untuk membuat piagam atau sertifikat yang simple dapat menggunakan Microsoft Word. Namun jika menginginkan hasil yang profesional tentunya Anda memerlukan program khusus desain grafis seperti Adobe dan Corel. Berikut cara membuat desain sertifikat atau piagam dengan Microsoft Word.

  1. Buka program Microsoft Word Anda, sebagai contoh dalam tutorial ini menggunakan Word versi 2010.
  2. Klik File > New, lalu pilih opsi Certificate. Dalam langkah ini pastikan tersambung dengan koneksi internet.
  3. Lalu pilih salah satu opsi model atau template yang diinginkan. Kemudian klik Download.
  4. Sesudah template diunduh, Microsoft Word akan membuka dokumen tersebut dan Anda dapat mengedit bagian yang Anda inginkan. Misalnya mengganti isi tulisan, nama, dan menambahkan logo.
  5. Setelah pengeditan selesai dapat disimpan ke komputer dan dicetak.

Untuk memudahkan pemahaman Anda, ikuti bantuan gambar dibawah untuk membuat contoh desain sertifikat atau piagam dengan menggunakan Microsoft Word.

 

 

 

 

Jika anda memiliki keahlian untuk menggunakan aplikasi desain seperti Adobe atau Corel, maka ada baiknya membuat sendiri desain sertifikat atau piagam sehingga menjadi lebih otentik. Jika Anda merasa bingung ingin memulai dari mana, ikuti panduan untuk membuat desain sertifikat atau piagam.

 

Kertas Dan Ukuran Dalam Cetak Piagam

Bukan hanya desain, namun ukuran cetak piagam juga perlu diketahui. Berikut adalah ukuran kertas yang biasa digunakan untuk mencetak piagam.

  1. Ukuran A5 (14,8 x 21 cm)
  2. Ukuran A4 (21 X 29,7 cm)
  3. Ukuran Letter (21,6 x 27,9 cm)

Anda dapat membuat sertifikat dengan ukuran standar tersebut. Sedang untuk bahan kertas yang digunakan dalam cetak piagam biasanya paling tidak memiliki gramasi 210-310 gsm.

Itulah perbedaan sertifikat dan piagam yang masih jarang diketahui. Sertifikat dan Piagam pada hakikatnya mempunyai fungsi yang sama, hanya saja dipakai untuk tujuan atau manfaat yang berbeda. Dengan memahami perbedaan sertifikat dan piagam tersebut, semoga kita tidak salah menyebutkannya lagi.

Exit mobile version