Perbedaan Rigid Box dan Corrugated Box

Kemasan dari bahan kertas seperti rigid box dan corrugated box sekarang ini sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang industri. Packaging menggunakan box lebih banyak disukai karena terlihat rapi dan elegan. Kedua jenis box ini biasanya digunakan untuk pengepakan berbagai macam produk. Untuk mengetahui perbedaan antara rigid box dan corrugated box, simak penjelasannya berikut ini.

 

Rigid Box

Rigid Box merupakan cetak box kemasan yang memakai bahan board dilapisi kertas yang telah dicetak sehingga menghasilkan cetakan yang lebih menarik dibandingkan box lainnya. Bahan box ini memiliki sifat yang sangat kokoh, dengan begitu para penggunanya pun merasa lebih aman ketika meletakkan produknya ke dalam jenis box kemasan ini. Adapun bentuk rigid box sendiri sangat bervariasi, hal ini tergantung dari kebutuhan pelanggan terhadap produk yang mereka jual. Untuk mencetak dan produk box ini, memerlukan ketekunan juga kerapian, jadi dalam pembuatannya memerlukan waktu yang banyak dengan kuantitas yang sedikit, agar hasil pengerjaan box ini lebih maksimal. Lalu, apa saja kegunaan rigid box?

Menjaga Produk yang Dikemas

Dengan menggunakan rigid box, membuat produk yang dikemas tetap terjaga. Hal tersebut dikarenakan box ini terbuat dari material bahan yang kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah rusak walaupun melewati proses pengiriman cukup panjang. Tak heran jika banyak online shop saat ini yang memanfaatkan rigid box untuk pengemasan produk mereka.

Waktu Pengemasan Barang Lebih Cepat

Online shop yang berkapasitas besar tentu saja selalu kebanjiran orderan setiap hari. Karena itulah memerlukan proses pengemasan dalam waktu yang lama. Hal ini tentu bisa diatasi jika online shop tersebut memakai box kemasan berjenis rigid box ini. Sementara apabila dikemas menggunakan kemasan berlapis bisa membuat barang yang dikirimkan cepat rusak. Untuk itu, rigid box dapat mempercepat pengemasan barang serta hanya memerlukan bahan pelindung tambahan lainnya di bagian dalam kemasan, supaya barang yang dibungkus tetap aman.

Sebagai Ajang Promosi

Kegunaan jenis box kemasan ini juga bisa menjadi media promosi untuk pemilik online shop. Hal tersebut dikarenakan desain yang bervariasi pada box ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan online shop tersebut. Dengan desain box yang menarik, sudah tentu dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan yang telah berbelanja produk Anda.

 

Corrugated Box

Corrugated Box merupakan bahan dari kertas yang bersifat keras, serta banyak dipakai untuk packaging atau mengemas sebuah produk. Menariknya, bahan corrugated ini mempunyai bagian bergelombang berbahan baku kertas corrugated dan kertas kraft. Bahan tersebut termasuk jenis bahan paling banyak dijumpai di Indonesia. Untuk pembuatan corrugated box itu sendiri cukup mudah, hanya dalam kisaran waktu 3 sampai 5 hari kerja, hal ini tergantung dari tingkat kesulitan dan kuantitas box tersebut.

 

Kegunaan corrugated box itu sendiri banyak digunakan untuk mengemas barang-barang yang berkapasitas berat dan besar. Ciri dari kemasan tersebut yaitu terbuat dari tiga layer pada bagian luar, kemudian fluting di bagian dalam serta lapisan fluting pada bagian terdalamnya. Untuk aplikasinya sendiri, kemasan Corrugated box ini banyak dijumpai untuk mengemas berbagai macam produk atau barang elektronik, pizza, ataupun produk makanan yang lainnya.

 

Perbedaan Rigid Box dan Corrugated Box

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa kedua jenis kemasan box ini memang sangat berbeda. Pada rigid box sendiri, umumnya digunakan untuk mengemas produk-produk yang ringan dan terkesan eksklusif, seperti produk jam tangan, dompet dan masih banyak lagi dengan bentuk kemasan desain sesuai keinginan penggunanya itu sendiri. Berbeda dengan corrugated box yang biasanya digunakan untuk mengemas barang-barang atau produk yang berukuran besar dan berat, seperti produk makanan, barang-barang elektronik dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari kapasitasnya sendiri, rigid box hanya bisa digunakan untuk mengemas produk dengan kuantitas yang sedikit, berbeda dengan corrugated box yang dapat digunakan untuk mengemas barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak. Dari sisi keamanannya, keduanya sama saja hanya saja jika dilihat dari ketahanannya tentu corrugated box lebih kuat karena bahannya terdiri atas 3 lapisan di dalamnya. Dari segi kecepatan pengemasan tentu lebih cepat mengemas produk menggunakan corrugated box karena lebih efisien, simpel dan tidak memakan banyak waktu. Berbeda dengan rigid box, dari segi bentuknya yang eksklusif tentu saja membutuhkan proses pengemasan produk yang lama. Itulah perbedaan antara rigid box dan corrugated box pada umumnya, semoga bermanfaat.

Exit mobile version