Site icon TIPS PERCETAKAN

Kenali Apa Itu Karton Box Beserta Tipe dan Fungsinya

2 buah karton box berwarna coklat

Karton box atau yang lebih dikenal dengan nama umum kardus adalah benda yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Anda bisa menemukannya di mana saja, terutama ketika Anda sedang berbelanja atau mengirim barang dengan ekspedisi. 

Untuk memahami lebih jauh tentang corrugated box atau kardus ini beserta dengan tipe dan kegunaannya, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

 

Apa Yang Dimaksud Kemasan Karton?

Kardus atau karton box adalah kotak yang dibuat dengan menggunakan kertas tebal. Istilah karton sendiri bisa digunakan untuk menyebut berbagai bahan seperti kertas yang berat termasuk papan serat bergelombang.

Bahan ini banyak digunakan untuk pengemasan baik itu yang berukuran kecil maupun yang besar. Karton kadang juga dipakai sebagai bahan penyangga struktural untuk barang-barang yang tidak terlalu kaku seperti buku catatan. Kadang juga dipakai sebagai bahan sisipan untuk pengemasan kemeja berkancing agar tetap rapi selama pengiriman hingga dibeli oleh konsumen.

 

Apa Saja Tipe Karton Box?

Secara umum, kertas karton bisa dibuat menjadi berbagai jenis barang. Namun untuk box atau pengemasan, ada 3 jenis yang paling banyak digunakan yakni:

 

1. Folding Carton

Ini adalah jenis box dari bahan karton yang paling populer. Kotak jenis ini digunakan untuk mengemas berbagai jenis produk mulai dari makanan, pakaian, mainan dan lain sebagainya. Folding carton umumnya tidak tebal dan tidak memiliki rongga. Contohnya adalah kotak sereal atau kotak susu formula.

 

2. Rigid Box

Tidak seperti folding carton, rigid box atau kotak set-up lebih tebal dan lebih kokoh. Rigid box banyak dipakai untuk mengemas barang-barang mewah seperti sepatu bermerek atau perhiasan. Rigid box juga dipakai untuk mengemas produk yang membutuhkan dukungan ekstra. Contoh penggunaan rigid box bisa Anda lihat pada kotak iPhone yang Anda beli.

 

3. Corrugated Box

Inilah yang sering kita sebut dengan kardus. Kotak karton ini disebut juga dengan papan bergelombang atau papan serat bergelombang. Corrugated box banyak digunakan untuk mengemas barang-barang dengan ukuran besar seperti barang-barang elektronik. Anda juga bisa menggunakan corrugated box untuk membawa barang-barang saat pindahan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Perbedaan Rigid Box dan Corrugated Box

 

Apa Saja Fungsi Dari Karton Box

Dengan beragam tipe, kotak karton bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Beberapa fungsi karton bisa Anda lihat pada contoh berikut ini!

 

Bagi para pemilik bisnis, terutama yang kerap melakukan pengiriman produk ke luar kota, keberadaan karton box sangat penting. Selain untuk melindungi produk yang dikirimkan, desain pada kotak karton juga bisa meningkatkan citra bisnis Anda. Pastikan Anda membuat desain kotak karton yang menarik agar bisnis Anda semakin melesat.

Exit mobile version