3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Merintis Perusahaan Startup

Saat berada di masa awal pembentukan perusahaan startup, kebanyakan bisnis start up tidak memandang keadaan yang terjadi di sekitar sehingga tidak fleksibel. Namun banyak perusahaan startup dan perusahaan dengan pertumbuhan tinggi dapat membuktikan, menyadari apa yang terjadi di dunia sekitar sangat penting untuk menemukan peluang dan penting untuk menyesuaikan rencana untuk mempertahankan kemajuan startup. Mengetahui tren yang menentukan industri memungkinkan anda untuk menguji ide bisnis di pasar, dan untuk menetapkan apakah ide ini memiliki peluang untuk berhasil. Berikut 3 hal yang harus dilakukan saat awal merintis perusahaan startup.

Manfaatkan Networking Lokal

Selain berkutat dalam aktivitas operasi perusahaan, anda dapat sambil mencari waktu untuk keluar dari operasi sehari-hari bisnis dan memaksimalkan jaringan sumber daya atau networking yang vital. Selain dapat berhadapan dengan calon investor, anda juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan mitra, calon karyawan dan klien baru, dan mendapatkan publikasi yang signifikan untuk merek Anda. Pastikan untuk segera menindaklanjuti koneksi apa pun yang  telah didapatkan baik melalui acara jaringan seperti Twitter atau LinkedIn, dan mengatur pertemuan lebih cepat sebelum anda lupa.

Terlibat Dengan Pemerintah dan Badan Industri

Banyak negara memiliki program insentif pemerintah dan badan industri yang secara khusus dibentuk untuk menghubungkan startup dan menyediakan pendanaan. Di Indonesia sekarang ini sudah terbuka untuk banyak perusahaan start up, sehingga mudah bagi entrepeneur muda yang ingin merintis perusahaan startup untuk mencari pendanaan dari sektor swasta maupun pemerintahan. Melakukan riset dan menemukan informasi untuk mencari pendanaan ini tidak hanya akan memungkinkan untuk mengakses dana dan sumber daya untuk mendorong pertumbuhan perusahaan startup, tetapi juga akan membantu membangun jaringan lokal anda.

Melakukan Penelitian Industri

Menguasai pasar sangat penting untuk kesuksesan sebagai startup sehingga melakukan penelitian spesifik mengenai industri yang bersangkutan memungkinkan untuk hal tersebut. Misalnya, jika anda adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan yang sedang berkembang, pastikan untuk mengetahui tentang semua masalah yang memengaruhi sektor keuangan secara luas. Hal tersebut akan memungkinkan untuk mengembangkan serangkaian produk yang dapat mengatasi berbagai masalah dengan lebih efektif dan efisien. Hasil survey dan internet adalah sumber daya yang bagus di mana informasi mengenai pesaing dapat diperoleh sehingga dapat dijadikan sebagai referensi bisnis untuk mendukung rencana pemasaran.

Pengetahuan adalah kekuatan, dan melacak tren industri sangat penting. Tidak ada yang dapat meramalkan masa depan, tetapi perusahaan yang dapat mengikuti perkembangan dengan baik dan memasukkan temuan penelitian dalam rencana pemasaran sementara membangun dan memelihara jaringan lebih mungkin untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang bagi perusahaan startup.

Exit mobile version