Site icon TIPS PERCETAKAN

11 Jenis Bahan Spanduk Promosi yang Perlu Anda Ketahui

Contoh Bahan Spanduk Promosi

Dalam industri digital printing dan percetakan, berbagai macam pilihan bahan kian bermunculan sehingga menggantikan bahan spanduk yang awalnya hanya terbuat dari bahan kain biasa saja sebagai pilihan utama, sebab masih belum ada jenis bahan kain spanduk yang lainnya. Berbeda dengan sekarang, kita banyak menjumpai berbagai macam pilihan bahan kain untuk spanduk yang bisa disesuaiakan dengan kebutuhan. Lalu apa saja bahan yang diaplikasikan pada pembuatan spanduk maupun banner? berikut ulasan mengenai jenis bahan spanduk yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Ga Banyak yang Tau! Ini loh, Macam Bahan Poster Selain Kertas

1. Bahan Spanduk Poly A

Bahan kain Poly A mempunyai konstruksi 50 x 46 yang memiliki lebar sekitar 96 cm atau 120 cm. Bahan kain spanduk ini harga jualnya lebih rendah jika dibandingkan spanduk TC, jadi sangat cocok digunakan pada event-event yang berlangsung dalam jangka pendek.

2. Bahan Spanduk Poly B

Kain jenis ini mempunyai konstruksi 50 x 34 yang lebarnya 96 cm atau 120 cm. Jenis bahan ini dapat digunakan untuk pembuatan umbul-umbul untuk acara yang bersifat jangka pendek sebab harganya lebih murah jika dibandingkan bahan spanduk lainnya.

3. Bahan Spanduk TC 1

Kain TC adalah kain yang sering digunakan untuk kebutuhan sablon spanduk. Sekarang ini dengan perkembangan digital printing dengan tinta sublim, desain spanduk bisa di transfer ke bahan TC dengan hasil yang sempurna. Media ini Menggunakan komposisi 60/40 dengan 2 pilihan ukuran yaitu 90 cm dan 115 cm.

4. Bahan Spanduk TC 2

Sedikit penjelasan tentang kain TC, kain TC adalah sebuah merek kain (Tetoron Cotton) yang komposisinya adalah polyester dan cotton. sampai saat ini, jenis kain TC masih sering digunakan untuk di jadikan media spanduk dikarenakan harga bahan yang bersaing.

5. Bahan Spanduk Flexi Korea

Jika dilihat dari kualitasnya, jenis bahan spanduk ini memiliki tekstur yang lebih halus sehingga bisa menghasilkan kualitas cetakan yang tinggi. Bahan jenis ini mempunyai ketebalan cukup baik serta cocok digunakan untuk media promosi secara outdoor, seperti banner, spanduk dan baliho. Flexi Korea mempunyai gramasi berkisar antara 250 sampai 400 gram. Bahan Flexy Korea tidak hanya dipakai untuk pencetakan spanduk saja, namun bisa digunakan untuk mencetak X Banner, Mini X Banner, Y Banner, Roll Up Banner dan Backwall/Backdrop.

6. Bahan Spanduk Flexi China

Jenis bahan spanduk ini memiliki karakter agak tipis dan kasar, namun memiliki serat di dalamnya. Flexi China banyak digunakan untuk kebutuhan percetakan spanduk outdoor. Memiliki tingkat gramasi yang bervariasi, namun yang paling banyak digunakan dalam industri percetakan yaitu 260 gram, 280 gram dan 340 gram.

Bahan ini memiliki tingkat kekuatan yang baik apabila digunakan di area indoor sebab tidak terpapar air hujan dan sinar matahari, sayangnya jika digunakan di luar ruangan ketahanan flexi china akan semakin berkurang, tak hanya tintanya saja yang memudar, tetapi bahannya mudah sobek dan retak. Akan tetapi bahan flexy china tetap digemari dikarenakan harganya yang ekonomis.

Oleh karena itu tidak jarang juga bahan flexy china sering dipakai untuk cetak alat promosi dalam ruangan seperti X Banner, Y Banner, dan Roll Up Banner.

7. Bahan Spanduk Flexi Jerman

Bahan jenis ini mempunyai kualitas di atas bahan flexi Korea dan China, sebab memiliki ketebalan yang begitu baik digunakan untuk iklan media outdoor, seperti baliho dan spanduk. Akan tetapi, flexi Jerman juga bisa digunakan pada media indoor, semacam x banner. Flexi Jerman mempunyai gramasi berkisar antara 230 sampai 400 gram. Jika dilihat dari segi harganya sendiri, Flexi Jerman ini lebih mahal harganya dibandingkan flexi korea dan china. Sayangnya bahan jenis ini tidak selalu ada dalam industri percetakan, sebab biasanya digital printing hanya menyediakan bahan berjenis Flexi Korea dan China saja, terkecuali untuk industri percetakan yang lengkap dan besar. Hal ini mungkin saja dikarenakan harganya yang mahal, jadi pemilik bisnis pun lebih memilih bahan-bahan yang harganya lebih murah.

8. Bahan Spanduk Albatros

Bahan albatros ini mempunyai tekstur lebih lembut dan halus, seperti halnya kertas dan sangat cocok diaplikasikan dalam media indoor, diantaranya seperti Poster, X Banner, Mini X Banner, Y Banner dan Roll Up Banner. Dalam percetakan foto berukuran besar, seringkali albatros menjadi pilihan, hanya saja harus diperhatikan bagaimana kualitas foto itu sendiri. Bahan albatros dapat dipakai untuk pencetakan spanduk dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan dipasang di ruangan semi-indoor dimana tidak terlalu terpapar sinar matahari atau terkena hujan karena rentan rusak.

9. Bahan Spanduk Luster

Bahan jenis ini mempunyai tekstur yang sedikit kasar, mengkilap dan lebih tipis. Sangat ideal digunakan sebagai bahan media publikasi indoor, seperti x banner dan roll up banner. Bahan jenis ini tak perlu dilakukan laminasi, sebab sifat bahannya memang sudah mengkilap serta laminasi cenderung tidak dapat menempel dengan baik pada bahan jenis ini.

10. Bahan Spanduk Easy Banner

Masih belum banyak yang mengetahui bahan yang satu ini, jenis bahan ini mempunyai tekstur yang agak kaku dan kasar, sangat ideal untuk media standing banner yang diaplikasikan di luar ruangan.

11. Bahan Spanduk Banner Cloth

Jenis bahan ini sama seperti kain, bisa dipakai untuk percetakan bendera menggunakan print digital. Umumnya bahan yang satu ini dipergunakan untuk acara-acara tertentu, biasanya bahan ini diikat pada sebuah balon kemudian diterbangkan, sebab bahan ini cenderung lebih ringan. Berkembanganya teknologi mesin cetak UV membuat banner cloth menjadi sangat popular. Mesin cetak UV dapat mencetak langsung diatas permukaan kain ini sehingga proses cetak jadi semakin mudah.

Itulah beberapa jenis bahan spanduk yang paling banyak digunakan dalam industri percetakan. Dengan mengetahui bahan-bahan tersebut, konsumen diharapkan lebih bijak menggunakan budget untuk promosinya dan dapat menggunakannya dengan lebih tepat.

Exit mobile version